Terbaik dalam pengelolaan hutang piutang PBB, DPPKAD Boltim jadi tempat Studi Banding

Tutuyan - Pengelolaan  administrasi keuangan Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menjadi barometer oleh daerah lain. Buktinya, atas rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Kamis (01/09) lalu, Dinas Pendapatan beserta Bagian Hukum Pemkot Padang Provinsi Sumatera Barat, melakukan Studi Banding (Stuban) terkait penghapusan hutang piutang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

 

Kepala Dispenda Kota Padang Abid Alkifri mengatakan, Boltim salah satu daerah yang direkomendasikan pihak BPK RI sebagai rujukan untuk melakukan penghapusan piutang pajak. “Kami sengaja datang dari jauh, hanya untuk belajar bagaimana cara penghapusan pajak, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Boltim,” kata Abid. Kata dia, kedatangan pihaknya tersebut karena informasi yang berkembang di Indonesia, dimana Boltim adalah daerah yang baru dan sudah sukses melakukan penghapusan pajak. “Karena di Indonesia, baru di Boltim yang terbaik melakukan ini”, tuturnya.

Terpisah Kepala DPPKAD Boltim Oscar Manoppo SE MM, menyambut baik kedatangan rombongan Pemkot Padang tersebut. Pihaknya pun menjelaskan semua tata cara yang dilakukan agar penghapusan pajak bisa dilakukan dengan baik. “Kami terima mereka dengan baik, serta kami berikan apa yang ingin mereka pelajari, semoga apa yang diberikan bisa bermanfaat bagi Pemkot Padang”, singkatnya.

Kunjungan Pemkot Padang tersebut juga turut disambut Asisten II Pemkab Boltim Astoni Angmalisang, Sekretaris DPPKAD Slamet Umbola dan para Kepala Bidang DPPKAD Boltim.