Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kab. Boltim menghadiri workshop NSPK

 

Workshop penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) Pedoman Penyelenggaraan Pemerintahan Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik di Pemerintah Daerah, dilaksanakan di Hotel Aryaduta Manado pada tanggal 10 November 2017

sampai dengan 11 November 2017.

Workshop ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dihadiri oleh Sekretaris Ditjen. Informasi dan Komunikasi Publik Dra. Siti Meiningsih M.Sc.

Pada dasarnya penyusunan NSPK ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada pasal 16 ayat (1) huruf a:

·         Pemerintah Pusat dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan konkuren berwenang untuk :

a. Menetapkan norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) dalam rangka penyelenggaraan Urusan Pemerintahan; dan

b. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap  penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah.

·         NSPK dimaskud berupa ketentuan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai pedoman dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dan yang menjadi kewenangan Daerah.

·         Kewenangan Pemerintah Pusat dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika.

·         Penetapan NSPK dilakukan paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak peraturan pemerintah mengenai pelaksanaan urusan pemerintahan konkuren diundangkan.

Menurut Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kab. Boltim, Ir. Hi. Setiono menerangkan bahwa, kehadiran stake holder di-Sulut kali ini memberikan arti yang penting dalam rangka pembangunan kominfo kedepan, karena dapat memberikan masukan sebelum diterbitkannya peraturan Menteri tentang penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik di Daerah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Prov. Sulawesi Utara Drs M.R Tumiwa MPd. Yang turut dihadiri oleh pejabat Ditjen. Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan jajaran Perangkat Daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi/Kabupaten dan Kota se-Sulawesi dan Maluku. (Admin PPID/Humas)

 

 

 

 

Download Materi Workshop NSPK 2017 :