Bupati Buka Forum Perangkat Daerah Rancangan Perubahan RPJMD Kabupaten Boltim Tahun 2016-2021

BOLTIM‎ - Kamis (7/12), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Boltim merupakan dokumen yang sangat strategis dalam perencanaan pembangunan daerah.

Di dalamnya memuat visi misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021. Karena itu, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, SH mengajak semua pihak terkait, untuk sama-sama memberikan kontribusi penting dalam penyesuaian dokumen ini dengan tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). "Forum Perangkat Daerah sangat penting dan merupakan tanggungjawab bersama karena berkaitan tentang implementasi dalam pembangunan. Perubahan RPJMD ini merupakan satu upaya mensinkronisasikan/memadukan antara visi-misi yang kemudian dipertajam kedalam RPJMD," kata Bupati saat membuka Forum Perangkat Daerah rancangan perubahan RPJMD Kab. Boltim Tahun 2016-2021, di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim.‎‎

 

Bupati mengungkapkan, RPJMD Kab. Boltim yang sudah ditetapkan harus dilakukan penyesuaian setelah lahirnya Undang-Undang Nomor  23 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tentang Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD). "Tentunya RPJMD ini harus betul-betul mencakup secara keseluruhan strategi menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul ditengah masyarakat Kab. boltim," tutur Bupati.

 

Bupati berharap, RPJMD dapat menangkap semangat yang tertuang didalam visi misi. Salah satu contoh, pariwisata yang masuk dalam program Nawacita namun belum tertuang secara implisit‎ di dalam visi misi. "Pariwisata tidak disebutkan secara implisit tapi bisa kita tangkap pada 3 hal yaitu kreatif, berwawasan lingkungan dan ekonomi/kesejahteraan. Visi-misi menggambarkan secara umum, di RPJMD semakin diperjelas".

 

Sebelumnya, Kepala Bidang Litbang Bapelitbang Kab. Boltim James Kinontoa menyebutkan, sedikitnya 4 tahapan telah dilaksanakan dalam proses perubahan RPJMD Kab. Boltim Tahun 2016-2021 diantaranya pembahasan indikator kinerja perubahan RPJMD, Orientasi tim penyusun dan Focus Group Discussion (FGD) perubahan RPJMD Tahun 2016-2021, Konsultasi publik perubahan RPJMD 2016-2021, dan Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan hari ini. "Terakhir direncanakan akan dilaksanakan Musrenbang perubahan RPJMD 2016-2021 pada 13 Desember 2017 mendatang". ‎ (Admin PPID/Humas)