Bupati Buka Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD 2019

Boltim - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur menetapkan sejumlah program prioritas di tahun 2019, diantaranya Infrastruktur, Pertumbuhan Ekonomi, Pengentasan Kemiskinan dan Pariwisata. Hal itu dikatakan Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, saat membuka Rapat Forum Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019, Kamis (8/2), di Kantor Bupati Boltim. “Tahun 2019 harus mampu mengejar target. Rencana program yang tertuang dalam visi misi, di tahun 2019 sudah harus masuk pada posisi 60-70%,” ujar Bupati dihadapan seluruh pimpinan perangkat daerah.

 

Bupati menegaskan, program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 harus direncanakan dengan baik. “Kaji apa sasaran visi misi, apa yang menjadi prioritas. Infrastruktur pemerintahan itu penting diupayakan, pariwisata dan lingkungan, terutama tempat pembuangan akhir sampah, masalah sanitasi dan air bersih,” tutur Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, hasil dari Forum RKPD akan mempengaruhi perencanaan pembangunan tahun berikutnya, sehingga satuan kerja sudah harus dapat memisahkan dan memilah apa yang menjadi prioritas dari perencanaan tahun berkenaan. “Melalui forum ini sudah dapat mensinkronisasikan antara fungsi tugas dan kepentingan serta kewajiban masing-masing SKPD, agar tidak terjadi tumpang tindih yang mengakibatkan kerugian atau tidak efektifnya kegiatan itu sendiri,” terang Bupati

Sementara, Kepala Bidang Litbang Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemkab Boltim, James Kinontoa menambahkan tujuan dilaksanakan forum perangkat daerah untuk menyeleraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimlasisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan kabupaten boltim. “Sasaran dari forum perangkat daerah ini adalah rumusan rencana kerja pemerintah daerah pada tahun 2019 dan rencana kegiatan secara transparan, responsif, efisien, akuntabel, dan berkeadilan,” pungkasnya.