Tingkatkan Kualitas Aparatur, Pemda Boltim Kerjasama Dengan Universitas Gorontalo

BOLTIM - Untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparatur pemerintah desa (pemdes), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menjalin kerjasama dengan Universitas Gorontalo (UG). Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bupati Boltim Sehan Landjar SH dengan Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad SH MH, di Kampus UG, Sabtu (5/5), yang turut disaksikan Asisten I Pemkab Boltim Amin Musa SH MH, sejumlah pimpinan perangkat daerah pemkab Boltim, para Sangadi dan Camat se Boltim, serta unsur civitas akademik UG.

 

Bupati mengatakan, Perguruan tinggi merupakan lembaga strategis untuk pengembangan ilmu pengetahuan, kemampuan, dan berkontribusi terhadap pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan. Sehingga, upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas melalui penguatan basis pendidikan merupakan langkah strategis dalam membangun daerah. "Terima kasih kepada pihak yayasan dan pihak rektorat UG yang telah bersedia bekerjasama dengan Pemda Boltim dalam lingkup penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi," tutur Bupati.

Bupati mengungkapkan, tahap awal kerjasama di proyeksikan 100 ASN dan 114 aparat pemdes Boltim akan mengikuti perkuliahan. Ia berharap, disamping mendapatkan legalitas formal, kerjasama yang terjalin akan meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM para aparat. "Saya berharap tidak hanya legitimasi akademik yang didapat, tapi harus nampak perkembangan pola pikir dan gaya kepemimpinan sehingga mampu melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat kepada rakyat," kata Bupati.

Sementara, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad SH MH berharap apa yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik sebagaimana harapan kedua belah pihak. "Terimakasih kepada Bupati yang telah mendorong dan memotivasi para Sangadi untuk memilih UG sebagai tempat studi lanjut" ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi Bupati yang telah banyak membantu membesarkan UG sejak masih menjabat sebagai Anggota DPRD di Gorontalo. "Bupati adalah alumni UG yang paripurna. Terimakasih telah banyak membantu UG terutama dalam memperjuangkan alokasi anggaran untuk UG saat menjabat anggota DPRD di Kabupaten Gorontalo," pungkasnya.

Kegiatan ditutup dengan pembekalan dan pengenalan kampus kepada para calon mahasiswa dari ASN dan aparat pemdes oleh civitas akademik UG.