Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur Drs. Rusdi Gumalangit, menghadiri Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan Polres Kotamobagu

KOTAMOBAGU - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Drs. Rusdi Gumalangit, Jumat (22/03) menghadiri Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan oleh Polres Kotamobagu di Alun-alun Boki Hotinimbang Kotamobagu.
Apel gelar pasukan ini dalam rangka persiapan pengamanan kampanye terbuka dan pengamanan menjelang pemungutan suara pemilu 17 april 2019 mendatang.
Sementara, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Kotamobagu bersama Dandim 1303 Bolmong.

Giat apel gelar pasukan ini, diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapores bersama Dandim, diikuti oleh tamu undangan Kepala Daerah serta unsur Forkopimda lainnya. Dilanjutkan dengan pendandatanganan deklarasi pengamanan tersebut oleh Kapolres, Dandim dan tamu pejabat yang hadir.

Lewat penyampaiannya Kapolres Kotamobagu AKBP Gani F. Siahaaan mengatakan, pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah kerena dilaksanakan secara serentak Pilpres dan Pileg.

Menurutnya, sukses tidaknya perlehatan demokrasi ini, sangat tergantung pada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

"Selain peran pihak penyelenggara seperti KPU, Bawaslu dan DKPP. Peran TNI-Polri tentu sangat berpengaruh menentukan suksesnya pemilu yang jujur dan adil, sehingga pengaman harus maksimal," ujarnya.

Ia menuturkan, TNI-Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap jalannya pengamanan pemilu serentak 2019, apabila menemukan hambatan harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku.

"Tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu 2019," tegas Kapolres.

Sementara itu, Wabup Boltim usai pelaksanaan apel mengatakan, tugas TNI-Polri dan seluruh elemen terkait dalam penyelenggaraan Pemilu serta pengamanan Pemilu, merupakan tugas yang tidak mudah. Oleh karena itu, selaku Pemerintah daerah, Ia menghimbau agar masyarakat yang ada khususnya di Boltim, untuk turut berpartisipasi dalam hal menyukseskan perhelatan pesta demokrasi ini.

"Sebagai Pemerintah, Saya berharap agar seluruh warga Boltim, dapat bekerjasama dengan pihak penyelenggara Pemilu serta aparat keamanan, guna suksesnya Pemilu 17 april mendatang. Jadikannlah perbedaan pilihan itu sebagai corong dalam menjaga silaturahmi dan rasa persaudaraan," kata Wabup menghimbau.
(TUP, Humas dan Protokol/Diskominfo)

Pimpin Apel Korpri, Bupati Minta Pembayaran TKD Sesuai Beban Kerja

 BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH, Senin pagi (18/03) memimpin Apel Korpri di Halaman Kantor Sekretariat Daerah (Kantor Bupati). Dihadapan peserta apel, Bupati menegaskan tentang pembayaran Tunjangan Kinerja perlu disesuaikan dengan beban kerja masing-masing ASN bahkan tenaga honorer.

Hal ini dianggap perlu, mengingat tidak sedikit ASN maupun tenaga honorer yang malas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Seperti yang saya lihat di Dinas Capil, disana ada honorer yang harus kerja lembur sampai larut malam, bahkan hingga pagi untuk melakukan perekaman data e-KTP. Ini harus jadi perhatian serius, jangan sampai mereka yang sering lembur honornya sama dengan yang lain, apalagi yang lain tidak sedikit kinerjanya malas,” tegas Bupati.

Disisi lain, Bupati menerangkan bahwa dalam menciptakan sistem birokrasi handal dan kuat, struktur dan elemen pelaksana birokrasi itu harus dibangun di atas keahlian atau kompetensinya.

“Keahlian dan kemampuan diri harus terus ditingkatkan, tidak memandang golongan, usia, jenis kelamin, tingkatan pangkat apalagi jenjang jabatan. seorang Aparatur Sipil Negara tidak boleh malas bekerja tidak boleh berhenti belajar,” tambah Bupati.

Lanjut Bupati, beberapa prinsip yang harus dilaksanakan birokrasi modern saat ini antara lain penegakan hukum,  tranparansi, kesetaraan, daya tanggap, wawasan  ke depan, akuntabilitas, pengawasan publik,       efektifitas dan efisiensi serta profesionalisme birokrasi.

“Para aparatur daerah harus mampu mengubah sikap dan perilakunya serta menginternalisasikan nilai-nilai kebaikan sebagai bagian membangun pribadi birokrasi yang unggul. Saya percaya, kesungguhan Aparatur Sipil Negara untuk membangun prinsip-prinsip tata kelola Pemerintahan, akan     mampu mendorong perubahan baik wajah birokrasi Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” Pungkas Bupati. (TUP, Humas dan Protokol/Diskominfo)

Bupati Sehan Landjar menerima Kunjungan Kerja Kapolda Sulut di Polres Kotamobagu

Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH, turut bersama Kapolres Kotamobagu AKBP Gani Siahaan dan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, menerima kunjungan kerja Kapolda Sulut Irjen (Pol) Remigius Sigid Tri Hardjanto, di Polres Kotamobagu, Jumat (15/3).

Kunjungan kerja Kapolda ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan pengamanan pemilu tahun 2019. "Saya ingin memastikan kesiapan anggota Polres terkait dengan pengamanan TPS (tempat pemungutan suara) mengingat waktu tinggal hitungan hari sampai hari H tanggal 17 April," ujar Kapolda.

Kapolda menuturkan, Untuk pola pengamanan TPS nanti, lebih pada body sistem, dimana setiap anggota akan menjaga anggota lainnya untuk pengaman berlapis secara bersama-sama. "Saya ingatkan kepada seluruh anggota yang mendapat tugas pengamanan TPS harus body sistem minimal berdua. Itu berguna untuk mendiskusikan sesuatu dan menilai kondisi yang ada di TPS. Tidak diputuskan sendiri yang disebut dengan body system," jelasnya.

Bupati Sehan Landjar pada kesempatan itu juga turut melaporkan situasi kondisi wilayah Boltim yang dalam keadaan aman dan terkendali. Kondusifitas itu diharapkan akan terus terjaga hingga gelaran pemilu mendatang.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi pemilu 2019. "Kita bahkan sudah lebih dulu mensosialisasikan model kartu suara" kata Bupati. (Diskominfo)

Bupati Boltim Sehan Landjar menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. BankSulutGo

Bupati Boltim Sehan Landjar menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan dan RUPS Luar Biasa PT. Bank SulutGo (BSG), di Grand Kawanua Convention Manado, Senin (11/3).

Turut hadir Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan para bupati/ walikota se Sulut dan Gorontalo.

Sejumlah agenda dibahas dalam RUPS kali ini, antara lain laporan tahunan dan penjelasan Rencana Bisnis Bank tahun 2019-2021, pengesahan laporan keuangan tahun buku 2018, serta corporate social responsibility tahun 2019.

Pada kesempatan itu, Bupati menyinggung soal kredit di BSG yang didominasi kredit konsumtif. Seharusnya, kata Bupati BSG tidak hanya fokus pada kredit konsumtif tapi harus diimbangi dengan kredit produktif. 

Saat ini mayoritas saham PT. Bank Sulutgo dikuasai Pemprov Sulut dengan presentase 36.46 persen. Kemudian menyusul Mega Corpora 24.90 persen. Sedangkan Pemkab Boltim sebesar 10.013 lembar saham.

Untuk diketahui, RUPS yang dimulai Pukul 10.00 Wita masih berlangsung hingga saat ini. (Diskominfo)

Bupati Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Boltim Tahun 2020

TUP HUMAS & PROTOKOL - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020. Kegiatan dibuka secara resmi Bupati Boltim Sehan Landjar SH, di Aula Kantor Bupati, Rabu (6/3).

Bupati mengatakan, konsultasi publik merupakan rangkaian proses penyusunan rencana kerja pemerintah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan. "Konsultasi publik perlu dilakukan untuk mensinergikan program yg akan di laksanakan tahun 2020 sebagai bentuk penyesuaian visi-misi yang tertuang dalam RPJMD dan perubahannya," ungkap Bupati.

Pelaksanaan konsultasi publik ini, kata Bupati, dilaksanakan sebelum masuk pada musrenbang kabupaten sehingga bisa diperoleh solusi dalam perencanaan pembanguman terutama terkait keterbatasan anggaran. "Hasil musrenbang di desa akumulasi permintaan masyarakat itu triliunan, di tingkat (musrenbang) kecamatan dibahas dan dipilah mana yang menjadi kewenangan desa, masuk ke kabupaten sebelum menentukan prioritas kita harus lewat konsultasi publik ini," tuturnya. 

Bupati berharap seluruh stakeholder dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk melakukan analisis swot dan mengklasifikasi masalah dan penyebabnya terkait perencanaan pembangunan di tahun 2020.

"Kita akan komunikasikan dan konsultasikan hari ini langkah-langkah strategis dari sekian banyak usulan masyarakat mana yang menjadi skala prioritas," sebutnya. 

Sementara, Kabid Litbang Bapeda Boltim James Kinontoa menambahkan dalam konsultasi publik akan disampaikan program prioritas pembangunan beserta tema pembangunan tahun 2020 sebagai salah satu panduan dalam penyamaan persepsi tentang pedoman pembangunan tahun 2020. "Tujuannya untuk penyepakatan program kegiatan, permasalahan dan isu strategis yang kemudiaan akan dibuatkan dalam penandatanganan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan RKPD Boltim tahun 2020," terangnya.

Turur hadir, Wakil Bupati Boltim Drs Rusdi Gumalangit, Perwakilan Bapeda Provinsi Sulut, Pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Boltim, Camat, Sangadi serta tokoh masyarakat se Kabupaten Boltim.(Diskominfo)