10 PNS Boltim Dibiayai Pemda Kuliah di LAN

Boltim- Tahun 2014 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyiapkan beasiswa Rp 600 Juta bagi 10 PNS untuk direkomendasikan mengikuti tugas belajar di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Pemda Boltim, Drs Darwis Lasabuda, Senin (13/05) .

Jelasnya, mulai bulan Juli tahun 2014 mendatang, sepuluh PNS yang direkomendasikan melalui setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan diutus ke LAN untuk meraih gelar Sarjana Keuangan Daerah (SKD). Kata Lasabuda, lulusan PNS lulusan SMA/SMK akan belajar selama 4 tahun. Sementara Diploma 3 tinggal melanjutkan 2 tahun. " Yang pasti mereka harus selesai strata 1 dengan menyandang gelar SKD. Setelah itu, kembali ke daerah," ujarnya.

Sebab itu, 10 PNS yang disiapkan nanti, harus putra dan putri asli daerah Boltim dan sudah berpengalaman dalam pengelolaan keuangan daerah.

Lanjut Lasabuda, selama study di LAN, semua biaya di kampus termasuk kebutuhan mereka ditanggung oleh Pemda Boltim. Dimana setiap tahunnya, telah dianggarkan Rp 60 juta per PNS. "Anggaran yang disiapkan tahun 2014 ini berjumlah Rp 600 juta untuk 10 PNS. Mereka akan mendapat Rp 60 juta per tahun," tandas Lasabuda. Diakuinya, sampai saat ini baru delapan PNS yang sudah mendaftar ke BKDD. "Masih ada 2 orang lagi yang akan mendaftar. Bulan Juli mereka akan diutus ke LAN, langsung kuliah," tambah Lasabuda.